PostRank

NII abal2 buatan intelegen untuk memberangus gerakan Islam yang mengusung ide penerapan Syariah Islam dalam bingkai Negara Islam, menurut Anda?

Hizbut Tahrir Indonesia

Friday, March 13, 2009

MoDus EKSPLOITASI AKHwaT (Sebuah Temuan Berharga Bwt Akhwat)


WARRRRRNEEEENG!Bacaan khusus akhwat, Ikhwan ga boleh ngintip, (engko timbilen loh mass…)

Belakangan ini, bukan belakangan ini aja,


kayaknya udah dari dulu deh, banyak akhwat yang melampirkan masalah ini dalam tiap laporannya. Masalah apa sih, kok kayaknya nyindrom gitu?

Begini ukhtiy, kadang kita sempet bingung juga, kenapa sih yang tertarik sama masalah ”ginian” kok cuman ikhwan aja? Jarang loh ibu2 yang ikut nimbrung, bahkan bisa dikatakan nihil. Pokoknya susah nyantolnya kalo ma ibu2. paling2 kalo sama ibu cuman kasih satu dua komen aja. Beda dengan respon bapak2 yang cenderung lebih aktif bertanya2.

Nah, karena alasan seperti itu akhirnya banyak akhwat tetep mencoba melalukan penetrasi ke tengah2 masyarakat, cuman bukan ke ibu2 tapi ke bapak2. Padahal area ukhtiy yang jelas kan ya sesama akhwat, tapi yang selama ini terjadi jalurnya sering ”nyempal”. Akhwat malah interaksinya (diskusi, red) sering sama bapak2. sebenarnya ga pa2 sih selama masih ngikutin rambu2, tapi kalo melulu begitu ya jadi masalah juga dunk, padahal itu bukan area kerja akhwat loh! Lah ntar ikhwanx kan pada nganggur tuh. La gimana ga nganggur wong area kerjanya diserobot akhwat, ya ga akhiy?!

Si akhiy gi nyengir, ketauan ngintip c!

Bukan itu saja ukhtiy. Beberapa hari yang lalu ketika temu bareng temen2, pas itu kita bahas2 jadwal baru bwt ”reonian” tiap minggunya coz ada salah satu personil yang mengajukan ”cuti dakwah”(Lah?! Dakwah kok cuti?!). Maksudnya, temen saya itu maw mudik dulu barang sebulan bwt persiapan persalinan dirumah ortunya. Yang jelas dakwah teteplah, whereppper wi go, hehehe..

Back to topic, nah disanalah terungkap kabut yang selama ini menutupi penglihatan dan menyumbat pendengaran akhwat. Apa emang? Ternyata sodara2, banyak loh bapak2 yang menurut si akhwat udah begitu respek dengan apa yang selama ini disampaikannya, ketika follow up diserahkan ke ikhwan, e eh.. bapak2 tu malah ngeheng or NOT RESPONDING!! Walah, gawat ini! (Ini berdasarkan laporan dr pihak ikhwan, thx bro! dan saya… hehe.. kejadian itu juga menimpa pada diri saya, haha.. jgn ketawa, saya ketipu juga huwawawawa…)

Bisa jadi nih, mereka maw diskusi sama si akhwat bukan karena muatan diskusinya, tapi karena pengen aja ngobrol sama si akhwat tersebut. Pura2 tertariklah ma topik, trus nanya2 tuh panjang kali lebar sama dengan luas. Walhasil, puas dech bisa ngomong lama ma akhwat tanpa membuat risih si akhwat tersebut. Wah wah.. ini kan sama saja bentuk EKSPLOITASI WANITA!! Gimana ukkhtiy, maw ga digituin?

Bukan su’udzan loh, ya maap kalo ada yang merasa begitu, tapi te2p dibaca yah!:p. Kasus ini ukhtiy, terjadi hampir di setiap wilayah. Dan sama persis, ujung2nya ya gitu, bapak2 itu ngadat , mandeg-jegreg pas difollow-upi ma ikhwan. Jangankan ngobrol, diajak ketemuan aja ga maw! finally, ikhwanx malah ngambek, plus manyun ga maw memfolowupi bapak2 yang direkomendasikan akhwat. Capek dech!

Saya pas itu dengerin ajah sambil mlongo. Rasa nyesel, gemes, shock, mual, perih, nyeri lambung (emang sakit mag?) campur jadi satu. Saya tertipu, apa ukhtiy juga merasa demikian? Akhirnya karna ga bisa nahan rasa sock, keluarlah kalimah tengil itu.

”Busyeeeeettttt.. Kok bisa ya hal kayak gini ga sampe terpikirkan?!!”

Yang selama ini saya pikir, itu emang fitrahnya (natural bo!) manusia saja. Yang namanya ikhwan ya lebih tertarik ma akhwat lah, begitu juga sebaliknya (nau’ sentris, hehehe…). Trus cuman kasih saran yang biasa2 aja buat persoalan yang lumayan alot itu.

”Ya kalo bisa sih jgn bapak2 duanklah, masa ibu2x ga ada”

”Padahal apa yang kita sampaikan tidak ada yang bertentangan dengan fitrah mereka loh..”

”So.. sebenarnya dan seharusnya ga ada alasan seperti itu (sulit dakwah ke ibu2)”

”Apa fitrah itu memilih antara laki2 dan perempuan? Semua orang punya fitrah yang sama tanpa memandang gendernya, bukan?”

Belum puas juga,

”Artinya, dakwah ini, entah ke bapak2 ataw ke ibu2 punya peluang yang sama untuk bisa diterima!”

Yah, karena sebelumnya saya tidak tahu, ternyata oh ternyata… ada udang di balik rempeyek! Jadi laper..

Obrolan tetep dilanjutkan nih, karena dari tadi belum ke ranah solusi. Setelah taw begitu, akhirnya si mbak tuh kasi saran yang bikin saya rada pengen muntab! Sumpah!

”Makanya..”, sambil tersenyum dia menatap wajah2 pias kami. Saya nunggu kalimat berikutnya

”Makanya, kita jangan mancing2!” begitulah saudara2, kalimah yang saya tunggu ternyata nyelekit entah dimana.

”Mancing2 gimana mbak?” sambar saya, ga sabar pengin segera minta klarifikasi. Emangnya akhwat apaan, suka mancing2, mana yang dipancing bapak2 lagi!

”Maksudnya, kita berusaha untuk tidak membuka peluang bwt bapak2 untuk berinteraksi sama kita”

”Misalnya, karena kita taw bapak2 ngerespek trus kalo kita punya ”produk”, kita nyisain bwt dikasihkan ke mereka. Tu namanya mancing!” Begitu paparnya, wah jelas deh mbak.

”Tapi…”, hehe masih ada tapinya ni..

”Kalo misalnya secara ga terduga2 mereka nanya, ya kita jelaskan saat itu juga sampai tuntas”

Okeh dech mbak, saya berjanji ga bakal mancing lagi, jazakillah untuk semuanya. Kini taw deh kedok mereka, semoga ukhtiy juga waspada, lebih hati2, patuhi rambu2, jgn suka ”nyempal”..

Semoga Allah memudahkan urusan ini. Aminn..

0 comments:

Post a Comment